Kartu AK1 adalah kartu tanda pencari kerja yang sering disebut pula dengan kartu kuning. Kartu ini dikeluarkan oleh lembaga pemerintah yang membidangi tenaga kerja, yang dibuat dengan tujuan untuk pendataan para pencari kerja.

Kartu kuning mencantumkan beberapa informasi tentang pemiliknya, yaitu nama, nomor induk kependudukan (NIK) E-KTP, data kelulusan, hingga sekolah dan universitas tempat pencari kerja memperoleh gelar, bergantung pada pendidikan terakhir.

Kartu AK1 dibuat di daerah kabupaten masing-masing pencari kerja. Pencari kerja hanya bisa membuat kartu kuning di daerah aslinya, yaitu yang tertera di KTP.

Pelaksanaan penerbitan Kartu AK1 di Kabupaten Gunungkidul dilaksanakan oleh Dinas Perindustrian, Koperasi, Usaha Kecil dan Menengah, dan Tenaga Kerja, melalui Bidang Tenaga Kerja. Pelayanan untuk pembuatan Kartu AK1 dilaksanakan di Loket Mall Pelayanan Publik (MPP) Kabupaten Gunungkidul Lantai 2 Terminal Dhaksinarga Jalan Insinyur Darmakum Darmokusumo, Selang V, Selang, Wonosari, Gunungkidul.

Persyaratan Pembuatan Kartu Kuning/ AK1 :

1. Fotocopy KTP

2. Fotocopy Ijazah Terakhir

3. Pas Foto 2×3 berwarna (background merah) sebanyak 2 lembar

4. Berpakaian sopan dan rapi

 

Lokasi Pembuatan:

Google Maps MPP